Anak Bangsa Berhasil Promosikan Masakan Nusantara Ke Luar Negeri

Terlahir di Negara dengan banyak kekayaan rasa, ternyata memberikan profit tersendiri bagi sebagian orang Indonesia yang kini sedang menetap di luar negeri. Tidak hanya terkenal dengan estetika pemandangannya, kekayaan variasi kuliner Indonesia kini juga tengah menggugah selera pasar Internasional.

Berkat keberanian si kecil-si kecil bangsa yang merantau di luar negeri, cita rasa kelezatan kuliner nusantara kini tidak hanya menjadi primadona di negaranya saja. Bahkan sebagian diantara mereka berhasil mempromosikan kuliner nusantara dengan merintis bisnis resto di negara Dia merantau.

Seperti yang dilakukan oleh si kecil bangsa ini yang berani merintis bisnis kuliner nusantara di negara orang lain. Berbekal keahlian memasak dan keberaniannya mencoba peruntungan di luar negeri, si kecil bangsa ini tidak hanya berhasil menjadi pengusaha berhasil namun juga menjadi slot server thailand duta makanan nusantara di ajang dunia.

Hati Bangsa Berhasil Promosikan Masakan Nusantara di Mancanegara
Yuk cari tahu seperti apa kisah mereka selama merintis bisnis kuliner nusantara di mancanegara.

  1. Baik (Indonesia) Osaka
    Baik yang adalah orang asli Banyuwangi memperkenalkan kuliner Indonesia di Osaka, Jepang. Kafe yang mengambil nama Baik Indonesian Kitchen ini menawarkan menu mie goreng, nasi goreng, sampai sup buntut. Kafe yang dilengkapi dengan hiasan batik ini membikin restorannya tidak hanya memperkenalkan makanan khas Indonesia, namun juga mencoba menghadirkan nuansa Indonesia banget di mancanegara.
  2. Firdaus Bustamam (Padang) London
    Tidak hanya di Indonesia saja menu kuliner Padang gampang ditemukan, ternyata di London kita juga dapat menemukan kios Padang, tepatnya di Chinatown, Leicester Square. Dengan menu andalan nasi Padang yang kaya rempah, kios miliknya tidak hanya terkenal di kalangan warga Indonesia yang menetap disana, namun juga kulinernya disukai konsumen dari negara lain. Via promosi word of mouth alias dari mulut ke mulut, kios Padang milik Firdaus kini semakin populer di London.
  3. Upi Yuliastuti (Indonesia) New York
    Mengusung nama Upi Jaya, resto Indonesia ini terletak di wilayah Queens, New York. Pemiliknya Upi Yuliastuti, telah memperkenalkan kuliner khas Indonesia sejak tahun 2004. Rata-rata pelanggan yang datang adalah orang Indonesia yang menetap di pelbagai negara komponen Amerika Serikat, pun mereka rela jauh-jauh datang ke resto Upi hanya untuk mengobati kerinduannya kepada makanan nusantara.
  4. Firdaus Ahmad (Indonesia) Soho, Inggris
    Bangunan tiga lantai yang bertuliskan Nusa Dua Restaurant ini berdiri kokoh di sudut Dean Street 11, Soho, di jantung ibu kota Inggris. Firdaus Ahmad sengaja memilih lokasi yang berada di wilayah belanja dan tempat nongkrong si kecil-si kecil muda itu memperkenalkan makanan khas Indonesia, seperti ayam kremes, sayur asem, sambel terasi, tahu isi, soto ayam, tempe, dan krupuk udang.
  5. Edy Ongkowijaya (Indonesia) di Bermacam-macam Negara
    Terinspirasi dari kesuksesan KFC yang mengangkat menu olahan ayam sampai pelbagai belahan dunia, Edy Ongkowijaya membuka bisnis ayam penyet dengan brand D Penyetz di Singapura pada tahun 2008 silam. Citarasa ayam penyet ternyata tidak hanya dicintai orang asli Indonesia, kini cabangnya telah mencapai 52 outlet yang tersebar di pelbagai negara seperti Singapura, Malaysia, Brunei, Indonesia, dan Myanmar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *