Kuliner Khas Aceh Cita Rasa Unik Rasa

Kuliner Khas Aceh Cita Rasa Unik dan Menggugah Selera – Berbicara masakan khas Aceh, tentu identik dengan makanan yang mempunyai cita rasa pedas dan berlemak. Dulu, Aceh merupakan daerah pertemuan pedagang dari beraneka daerah, sehingga tidak heran Aceh mmeiliki masakan yang beraneka. Kuliner Aceh mempunyai cita rasa perpaduan antara elemen Melayu, India, dan Arab. Berikut masakan khas Aceh dengan cita rasa yang menggugah selera.

Eungkot Paya
Eungkot Paya merupakan masakan khas Aceh yang terbuat dari ikan payau, seperti ikan gabus, ikan patin, dan ikan lele. Eungkot paya mempunyai cita rasa yang asam dan pedas, dengan bumbu rempah slot 777 berasal dari bumbu kelapa gongseng, santan, ketumbar, daun salam, koja, dan serai. Kecuali ikan, terdapat juga isian berupa jantung pisang dan/atau rebung untuk menambah cita rasa.

Mie Aceh
ah-emping-lebih-mantap

Mie Aceh merupakan salah satu masakan khas Aceh yang paling populer. Mie Aceh bisa dimasak goreng ataupun kuah, dengan beraneka isian seperti daging sapi, seafood, dan kambing. Mie Aceh terbuat dari mie kuning tebal yang dimasak dengan kuah kari yang kental dan pedas. Kuah kari ini terbuat dari beraneka ragam bumbu rempah, seperti cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, serai, dan kayu manis. Mie Aceh umumnya disajikan dengan taburan bawang goreng, emping, dan acar. Acar yang digunakan pada mie Aceh terbuat dari mentimun, bawang merah, dan cabai rawit.

Sie Reuboh
Sie Reuboh merupakan hidangan daging sapi yang direbus dengan cuka dan beraneka bumbu rempah, seperti cabai rawit, cabai merah, bawang merah, dan bawang putih. Sie Reuboh juga merupakan hidangan yang tahan lama. Daging sapi yang direbus dengan bumbu rempah bisa bertahan selama beberapa hari tanpa perlu disimpan di lemari es. Sie Reuboh sering kali dibuat sebagai lauk oleh masyarakat Aceh dan sering kali disajikan dikala peristiwa bulan Ramadan.

Keumamah (Ikan Kayu)
Keumamah terbuat dari ikan tongkol, cakalang, atau tuna yang telah direbus, dikeringkan, dan kemudian dimasak dengan santan, cabai hijau, dan beraneka bumbu rempah. Pengerjaan pembuatan keumamah dimulai dengan merebus ikan tongkol, cakalang, atau tuna hingga matang. Sesudah itu, ikan dikeringkan di bawah sinar sang surya hingga kering. Pengerjaan pengeringan membuat ikan berubah warna menjadi hitam seperti kayu. Sebelum dimakan, keumamah diolah terutamanya dahulu dengan bumbu dan bahan lainnya.

Manis Bhoi
Manis Bhoi terbuat dari tepung terigu, telor, gula pasir, dan vanili. Manis ini mempunyai tekstur yang lembut dan sedikit renyah di komponen luar, serta mempunyai rasa yang manis dan gurih. Manis Bhoi umumnya berbentuk seperti ikan, namun ada juga yang berbentuk bunga atau bintang. Manis ini dicetak dengan cetakan khusus. Manis ini umumnya dibuat sebagai seserahan dalam acara pernikahan ataupun oleh-oleh kalau berkunjung ke rumah saudara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *