Kuliner Legendaris Khas Banjarbaru

Kuliner Legendaris Khas Banjarbaru


Banjarbaru, kota yang terletak di Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia, memiliki beberapa kuliner legendaris yang menjadi bagian penting dari budaya kuliner Banjarbaru. Berikut adalah beberapa kuliner legendaris khas Banjarbaru yang patut dicoba:

  1. Soto Banjar: Soto Banjar adalah salah satu makanan khas yang sangat populer di Banjarbaru dan sekitarnya. Soto Banjar terbuat dari kuah kaldu ayam yang kaya rempah-rempah, dilengkapi dengan sugar rush game daging ayam, telur rebus, kentang, tomat, daun bawang, dan bawang goreng. Biasanya disajikan dengan nasi dan sambal.
  2. Patin Bakar: Patin Bakar merupakan hidangan ikan patin yang dibakar dengan bumbu dan rempah khas Banjar. Ikan patin yang segar dipanggang hingga matang dan disajikan dengan sambal khas Banjarbaru yang pedas dan lezat.
  3. Nasi Kuning Banjar: Nasi Kuning Banjar adalah versi nasi kuning khas Banjarbaru yang memiliki cita rasa yang unik. Nasi kuning disajikan dengan lauk-pauk seperti ayam goreng, telur dadar, kering tempe, ikan asin, sambal, dan acar.
  4. Sate Banjar: Sate Banjar merupakan sate yang terbuat dari daging sapi atau daging ayam yang dipotong kecil-kecil, ditusuk, dan dipanggang dengan bumbu kacang khas Banjar. Sate Banjar biasanya disajikan dengan lontong dan bawang goreng.
  5. Sop Ikan Khas Banjar: Sop Ikan merupakan hidangan sup yang terbuat dari berbagai macam ikan segar seperti ikan tenggiri atau ikan mujair, disajikan dengan kuah kaldu ikan yang kaya rempah-rempah dan sayuran seperti wortel, buncis, dan kentang.
  6. Sarikayo: Sarikayo adalah kue tradisional khas Banjarbaru yang terbuat dari santan, gula, dan telur yang dimasak hingga mengental. Sarikayo memiliki tekstur yang lembut dan manis yang cocok disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup.
  7. Pisang Epe: Pisang Epe adalah hidangan pisang bakar khas Banjarbaru yang dipanggang atau dipanggang dengan bumbu gula merah. Pisang Epe biasanya disajikan dengan tambahan saus kacang atau krim keju sebagai pelengkapnya.

Kuliner legendaris khas Banjarbaru ini tidak hanya lezat tapi juga mencerminkan kekayaan rempah-rempah dan budaya kuliner Banjarbaru yang unik. Jika Anda berkunjung ke Banjarbaru, jangan lewatkan untuk mencoba beberapa kuliner khas yang telah disebutkan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *