Resep Brioche, Roti Prancis nan Lembut dan Kaya Rasa

Jakarta – Masakan bakery atau roti memiliki semacam itu banyak varian dengan bahan yang berbeda-beda. Kecuali roti manis yang memiliki beragam jenis isian dan bentuk, ada pula Brioche, atau kerap disebut Brios.

Macam roti ini berasal dari Prancis bagian utara, tepatnya di daerah Normandy. Macam roti ini memiliki tekstur yang lembut dengan rasa yang lebih gurih dan manis.

Hal ini tak lepas dari pengaplikasian telur dan butter atau mentega yang menjadi bahan paling penting. Di Eropa, pembuatan roti Brioche memiliki standar khusus merupakan minimal mengandung 400 gram mentega untuk adonan satu kilogram tepung terigu.

Roti Brioche memiliki bentuk yang khas merupakan bulat dan di atasnya juga ada bulatan kecil. Tetapi seiring perkembangan, roti ini malahan dapat dicetak dalam beragam bentuk seperti kotak, lonjong, atau malahan menyesuaikan cetakan kertas.

Adapun rasa roti Brioche dapat manis dan asin bergantung pada selera. Roti Brioche betul-betul sesuai disantap untuk sarapan. Teksturnya yang lembut dan gurih betul-betul pas dipadukan dengan teh hangat atau kopi.

Roti Brioche juga dapat berisi beragam varian mulai dari vla manis, sosis, daging asap, dan lainnya. Semakin banyak pengaplikasian butter dan telur karenanya teksturnya akan kian lembut.

Resep Brioche Ekonomis
Pemakaian mentega dan telur yang cukup banyak mempengaruhi kelembutan Brioche. Tetapi, hal ini akan membuat tarif produksi lebih tinggi diperbandingkan dengan pengaplikasian lemak dari margarin yang relatif lebih murah dan telur yang lebih sedikit.

Untuk itu, Anda dapat menyiasatinya dengan mencampur pengaplikasian mentega dan margarin serta telur yang diganti dengan slot depo 10k bahan bread emulsifier untuk menjadikan tekstur roti yang lembut.

Berikut ini resep Brioche ekonomis yang dapat Anda coba:

Bahan

1.000 gram tepung terigu protein tinggi

30 gram ragi instan

250 gram bread improver

100 gram mentega

150 gram margarin

200 gram gula

15 gram garam

10 butir kuning telur

150 gram susu cair

300 gram air dingin

60 gram EKL/bread emulsifier

20 gram susu evaporasi untuk olesan

Topping sesuai selera

Sistem Membikin:

1. Campur semua bahan kering, aduk dengan spatula

2. Mixer bahan kering dengan telur. Tambahkan air dan susu sedikit demi sedikit.

3. Mixer adonan hingga menyatu dan kalis. Ditandai dengan adonan yang tak putus dikala direnggangkan dengan lebar.

4. Istirahatkan adonan selama 10 menit.

5. Timbang adonan 40 gram dan 10 gram, bulatkan (rounding).

6. Istirahatkan kembali selama 10 menit.

7. Letakkan di dalam cetakan, bulatan kecil di atas bulatan besar. Kasih topping sesuai selera.

8. Poles dengan susu evaporasi.

9. Istirahatkan selama kurang lebih 90 menit hingga adonan cukup mengembang, minimal satu kali lebih besar dari bentuk semula.

10. Panggang di oven dengan suhu 180 derajat celcius api atas dan bawah selama 20 menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *