Makanan Busuk yang Kalau Semakin Busuk Justru Makin Enak Rasanya

Setiap orang tentu lebih bahagia menyantap makanan yang tetap segar daripada makanan yang sudah agak basi atau bahkan busuk. Makanan busuk seringnya berbau nggak sedap, warnanya termasuk sudah berubah, teksturnya kadang lengket dan menjijikan, seringnya termasuk mengakibatkan sakit pencernaan. Karena alasan tersebut, makanan busuk dianggap nggak layak dikonsumsi dan kudu dibuang.

Tapi, memang ada lo beberapa jenis makanan yang tambah busuk justru tambah sedap rasanya. Nggak hanya itu, nilai gizinya termasuk lebih tinggi agar jadi menyehatkan. Makanan apa aja ya kira-kira?

  1. Tapai singkong yang slot spaceman sistem pengolahannya gunakan ragi, tambah lama fermentasinya maka bakal tambah sedap rasanya

Tapai terbuat dari singkong yang sengaja diolah melalui sistem pembusukan alias fermentasi bersama dengan ragi. Semakin busuk, maka rasa tapai bakal tambah sedap dan membuahkan nutrisi yang berfaedah bagi tubuh. Mengonsumsi tapai ampuh melancarkan pencernaan, menghambat anemia dan mengontrol tekanan darah.

  1. Dibandingkan bersama dengan kedelai, tempe justru membuahkan nutrisi yang lebih mudah dicerna oleh tubuh

Orang Indonesia tentu familier banget serupa tempe. Makanan ekonomis ini termasuk makanan busuk yang terbuat dari fermentasi kedelai bersama dengan ragi. Proses peragian ini membuahkan tempe bersama dengan takaran vitamin B12 yang lebih mudah dicerna oleh tubuh.

  1. Oncom terbuat dari campuran kacang kedelai, kacang tanah, bungkil tahu yang dibusukkan dan membuahkan spora. Tapi justru sedap rasanya~

Selain tempe, beragam jenis kacang-kacangan seperti kedelai, kacang tanah dan bungkil tahu dapat disatukan dan dibusukkan untuk diolah menjadi oncom. Proses pembusukan yang terlalu berlebih mengakibatkan aroma oncom sedikit menyengat. Namun spora yang dihasilkan dari kacang-kacangan ini justru yang bikin oncom tambah lezat dan menyehatkan.

  1. Proses fermentasi tauco khas Cianjur yang memakan sementara hingga tiga bulan termasuk membuahkan cita rasa yang ga ada duanya

Sama seperti tempe dan kecap, makanan khas Cianjur, tauco, termasuk merupakan makanan busuk yang terbuat dari kacang kedelai yang direbus lalu didiamkan hingga berjamur untuk lantas diasinkan dan difermentasi. Selanjutnya, adonan dimasak bersama dengan campuran beberapa bahan untuk penyelesaiannya. Tauco bersama dengan citarasa asam, asin, dan gurih ini umumnya digunakan sebagai bumbu soto hingga tumisan.

  1. Faktanya, kecap terbuat dari campuran kacang kedelai yang dibusukkan dan bahan lain. Proses fermentasi sepanjang satu bulan menciptakan cita rasa khas yang manis dan gurih pada kecap

Sebenarnya, kecap manis yang kerap dijadikan bahan masakan terbuat dari kacang kedelai yang melalui sistem fermentasi sepanjang satu bulan. Selama sistem tersebut, kacang kedelai dicampurkan bersama dengan bahan lain agar membuahkan cita rasa khas yang manis dan gurijh pada kecap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *