Makanan Khas Sunda Terdekat di Jakarta

Kuliner khas Sunda tergolong masakan Indonesia yang populer. Identik dengan lalapan, saos pedas terasi, sayur asem, dan lauk yang digoreng lalu disantap dengan saos pedas dan kecap manis, hidangan ala Sunda memang mudah layak di banyak lidah. Cita rasa yang diberikan masakan khas Sunda memang kaya: dari asin, gurih, manis, hingga asam. Yuk, kenali beberapa hidangan khas Sunda.

Nasi Timbel
Nasi yang dimasak di dalam bungkusan daun pisang ini sekilas menonjol seperti nasi biasa, namun ketika dibuka dari bungkusannya, maka akan semerbak wangi dari si daun pisang. Dulunya, nasi timbel ini sering dibawakan sebagai bekal makan para petani sebelum berangkat ke sawah atau ladang. Sebab dibungkus daun pisang, maka nasinya malah konsisten wangi, tidak keras, dan pulen ketika dimakan berjam-jam kemudian. Kini, nasi timbel jadi hidangan khas Sunda sehari-hari yang disantap bersamaan dengan ragam lauk dan sayur. Banyak yang menyukai dengan nasi timbel ini sebab wanginya.

Nasi Tutug Oncom
Nasi tutug oncom, atau sering juga disebut sebagai “Nasi T.O.”, ialah makanan khas wilayah Tasikmalaya. Nasinya diaduk –atau ditutug (tumbuk) menjadi satu– dengan oncom yang dimasak dengan digoreng ataupun dibakar. Rasa dan wewangian kuat oncom layak sekali untuk digabungkan dengan nasi. Tak heran banyak yang makan nasi tutug oncom malah tanpa lauk.

Pepes
Pepes, atau Pais dalam bahasa Sunda, ialah sistem pengolahan makanan yang Sunda banget, ialah, dengan judi bola parlay menerapkan daun pisang untuk membungkus lauk yang sudah dibumbui dengan rempah-rempah. Bungkusan lauk ini kemudian dikukus sebelum dihidangkan. Alhasil ialah lauk wangi dengan cita rasa yang kaya. Lauk yang dipakai dapat berjenis-jenis ragam –ikan, ayam, oncom, jamur, tahu– namun yang paling populer ialah pepes ikan mas.

Bakakak
Dalam bahasa Sunda, bakakak artinya ialah ‘ayam panggang’. Jadi ketika mengorder “bakakak” sudah pasti kamu akan dihidangkan seporsi ayam panggang khas Sunda. Keistimewaan bakakak ialah perannya sebagai sajian utama di pesta adat masyarakat Sunda, bagus untuk nikahan, sunatan, ataupun upacara adat lainnya, dan lazimnya yang dipakai ialah ayam jantan. Tetapi di era modern kini ini, ayam bakakak tidak hanya hadir ketika acara-acara khusus hal yang demikian, namun menjadi makanan sehari-hari yang mudah ditemukan di kafe khas Sunda. Bumbunya yang menerapkan rerempahan Indonesia tidak hanya membuat rasa ayam bakakak lezat, namun juga diandalkan bagus untuk menjaga kesehatan.

Empal Gentong
Hidangan Cirebon ini mirip dengan gule. Daging atau jeroan sapi direndam dalam kuah yang mirip gule lalu dimasak dengan menerapkan kayu bakar di dalam gentong. Rasa dagingnya cenderung manis seperti empal gepuk, namun didampingi dengan kuahnya yang gurih rempah, maka didapatlah gabungan cita rasa yang kaya.

Setelah baca beberapa makanan yang Sunda pisan di atas, jadi kepengen ngelahap hidangan Sunda, nggak? Sekiranya iya, lanjutkan bacamu untuk mencari tahu anjuran tempat makan Sunda yang dekat daerahmu di Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *