Mengenal Makanan Natto yang Punya Banyak Manfaat Kesehatan

Natto adalah makanan tradisional Jepang yang terbuat dari fermentasi kedelai. Sebagian orang menganggap ini makanan ‘aneh’ sebab teksturnya berlendir, lengket dan berserabut. Kerja fermentasi juga membikin natto punya aroma yang amat menyengat.

Kecuali merubah tekstur https://cobeats.com/ dan aroma, cara kerja fermentasi dalam pembuatan natto terbukti punya manfaat kesehatan. Dari cara kerja tersebut, natto menjadi makanan yang mengandung prebiotik. Nah, senyawa tersebut bisa menambah kuman baik di dalam usus sehingga kamu bisa terhindar dari beragam permasalahan pencernaan.

Kenali Manfaat Kesehatan dari Mengonsumsi Natto
Tak hanya memperlancar pencernaan, berikut manfaat natto lainnya:

  1. Menyehatkan Tulang
    Menginfokannya dari Healthline, setiap 100 gram natto sanggup memenuhi 22 persen asupan kalsium harian. Makanan ini juga menjadi sumber vitamin K2 terbaik. Vitamin tersebut mengaktifkan protein pembentuk tulang yang membantu membawa kalsium ke dalam tulang.

Studi menunjukkan suplemen vitamin K2 bisa memperlambat hilangnya kepadatan tulang seiring bertambahnya umur. Kecuali itu, vitamin K2 juga bisa mengurangi risiko ragam patah tulang tertentu sebesar sampai 60 persen.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung
    Kandungan serat dan probiotik pada makanan ini membantu menurunkan kadar kolesterol. Kerja fermentasi natto menghasilkan nattokinase, sejenis enzim yang membantu melarutkan gumpalan darah.

Peneliti Jepang melaporkan bahwa makanan ini bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan menonaktifkan enzim pengubah angiotensin (ACE), yang membantu memegang tekanan darah.

Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen nattokinase mengurangi tekanan darah pada pengidap hipertensi. Kecuali memperkuat tulang, vitamin K2 dalam natto membantu mencegah penumpukan kalsium di arteri.

Dalam sebuah penelitian, rutin mengonsumsi makanan yang kaya vitamin K2 berkaitan dengan penurunan kematian dampak penyakit jantung sampai 57 persen. Sebagai referensi, natto diperkirakan mengandung sekitar 10 miligram vitamin K2 per 100 gram.

  1. Memperkuat Imunitas
    Natto mengandung beberapa gizi yang sanggup memperkuat cara kekebalan tubuh. Probiotik berfungsi mencegah pertumbuhan kuman berbahaya dan bisa meningkatkan produksi antibodi natural. Zat ini juga mengurangi risiko infeksi dan bisa membantu seseorang pulih lebih pesat dikala sakit.

Kecuali kandungan probiotiknya yang tinggi, natto kaya akan vitamin C, zat besi, seng, selenium, dan tembaga, yang semuanya berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh.

  1. Menurunkan Risiko Kanker
    Natto mengandung isoflavon kedelai dan vitamin K2. Keduanya dihubungkan dengan penurunan risiko kanker hati, prostat, pencernaan, dan payudara.
  2. Membantu penurunan berat badan
    Probiotik dan serat pada makanan ini bisa membikin kenyang lebih lama. Walhasil, natto bisa mencegah penambahan berat badan dan mengembangkan penurunan berat badan.
  3. Meningkatkan kesehatan otak
    Makanan kaya probiotik seperti natto bisa membantu mengurangi stres, meningkatkan energi ingat, dan mengurangi gejala kecemasan, depresi, autisme, dan gangguan obsesif-kompulsif (OCD).

Kecuali kesehatan jasmaniah, kesehatan mental juga tidak kalah penting untuk dipandang. Seandainya mengalami permasalahan yang berkaitan dengan mental, jangan ragu untuk menemui psikolog. Segera tanya dokter di aplikasi Halodoc. Jangan tunda sebelum kondisinya semakin memburuk, unduh Halodoc sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *