Makanan Khas Maluku yang Kaya Akan Rempah, Harus Coba!

Negara kita sesungguhnya populer dapat makanan khas yang kaya dapat rempah-rempahnya. Terbukti, di suatu wilayah provinsi atau kota saja, tentu terkandung makanan khas yang penuh bersama filosofi masyarakat setempat, tak jikalau di wilayah Pulau Maluku.

Yap, wilayah Maluku khususnya Maluku Utara sesungguhnya dikenal sebagai pusat rempah-rempah, khususnya cengkeh dan pala. Dari zaman penjajahan bangsa asing hingga sekarang, wilayah Maluku Utara pun dijuluki sebagai Kota Rempah alias The Spice Island. Itulah mengapa, makanan khas dari Maluku pun tentunya kaya dapat bumbu-bumbu Nusantara sehingga rasanya dapat begitu “berani” dan enak di lidah

1. Woku Komo-Komo

Makanan khas Maluku yang pertama adalah https://modernmidwiferydallas.com/ Woku Komo-Komo yang hingga saat ini tetap jadi primadona bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara untuk dicicipi. Makanan Woku Komo-Komo ini terbuat dari sagu yang mana sesungguhnya merupakan keliru satu makanan pokok masyarakat Maluku. Ingat bahwa di negara kita ini memiliki beragam makanan pokok tak sekedar nasi?

Cara pembuatan makanan khas Woku Komo-Komo ini pun sederhana, yakni sagu yang diperoleh dari pelepah pohon sagu akan direndam selama tidak cukup lebih satu jam. Lalu, diberikan bumbu yang tentunya penuh dengan rempah-rempah, jadi dari bawang putih, bawang merah, merica, jahe, santan, dan lainnya. Pemberian bumbu rempah-rempah inilah yang menciptakan cita rasa khas terhadap makanan Woku Komo-Komo. Tak jarang, jeroan ikan yang dipotong dadu akan ditambahkan ke makanan khas ini.

2. Ikan Kuah Pala Banda

Makanan khas Maluku yang kedua adalah Ikan Kuah Pala Banda yang tentunya memiliki cita rasa khas karena rempah-rempah yang digunakan. Mulai dari pala, lada, cabai, dan rempah lainnya akan ikut hadir terhadap makanan khas ini. Dulu kala tetap zaman penjajahan, makanan khas ini sering dijadikan sebagai sajian khusus untuk para pejabat Belanda. Untuk memakannya, umumnya akan disantap dengan nasi putih biasa.

3. Ikan Asap

Sesuai dengan namanya, makanan khas ini berbentuk ikan laut yang diolah dengan langkah diasap sehingga memiliki rasa yang khas dan selalu awet lebih-lebih hingga 7 hari. Ikan laut yang akan diasap ini tersedia beragam, jadi dari ikan cakalang, ikan tongkol, ikan haring, ikan tuna dan lainnya. Meskipun nampak sederhana, namun rasa ikan asap ini sangatlah khas dan enak. Biasanya, makanan ikan asap akan disantap dengan nasi putih, sambal colo-colo, dan kerupuk.

Saat ini, ikan asap sudah banyak dijual di beberapa tempat di luar Pulau Maluku. Coba saja Grameds menuju pasar terdekat, pasti sudah tersedia penjual yang tengah mengasapi ikan-ikan laut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *