Cicipi Kuliner Ayam Cipera, Punya Citarasa Gurih dari Tepung Jagung khas Karo

Ayam Cipera

Daging ayam  banyak diolah menjadi beragam menu lezat. Nah, dapat berkreasi bersama memicu menu Ayam Cipera.

Menu Ayam Cipera slot server kamboja no 1 telah tidak asing bagi masyarakat etnis Karo. Pada zaman dulu, menu ini kebanyakan di sediakan terhadap kala hari besar.

“Biasanya di sediakan terhadap acara nikahan atau lagi kumpul-kumpul keluarga. Tapi kecuali sekarang kapan saja dapat dimasak,” ungkap warga etnis Karo, Gita kepada.

Dilansir melalui web site Warisan Budaya Kemdikbud, Cipera merupakan masakan khas Karo yang terbuat dari potongan ayam kampung juga leher, sayap, kaki, hati, dan ampla. Aneka potongan ayam ini dimasak bersama tepung jagung hingga empuk dan berkuah kental.

Perlu diketahui, bagi masyarakat terdahulu, tepung jagungnya kudu dari bulir jagung tua sehingga membuahkan kuah yang kental. Bulir jagungnya disangrai terlebih dulu, sesudah itu ditumbuk menjadi tepung.

Tepung jagung inilah yang sesungguhnya disebut cipera. Kuah kental ini bercitarasa pedas karena Mengenakan cabe rawit, dan sedikit asam karena Mengenakan asam tikala.

Namun sekarang, kalian tak kudu sibuk untuk memicu tepung jagung ini. Ada banyak toko yang menyajikan tepung jagung untuk bumbu ayam cipera ini.

Nah, kalian kudu cicipi ayam cipera ini, lebih-lebih bagi pencinta kuliner bersama sensasi gurih dan pedas. Dijamin, kalian dapat langsung ketagihan!.

“Rasanya gurih, rasa kaldu tepung jagung itu yang unik ada asin dan pedasnya. lebih-lebih kecuali dimasak mirip jamur lebih enak. Terus paling mantap dimakan mirip nasi hangat,” ucap Gita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *