Makanan Khas Lombok yang Wajib Dicoba, Fix Bikin Ngiler!

ayam taliwang

Lombok jadi tidak benar satu destinasi wisata favorit yang ramai dikunjungi wisatawan. Tak cuma turis lokal saja, tetapi juga berkunjung dari mancanegara. Selain melihat keindahan alamnya yang menakjubkan, kalian juga harus mencicipi beraneka kulinernya serta beberapa permainan yang terkenal di sana salah satunya joker 123. Beberapa makanan khas Lombok yang barangkali udah tidak asing kembali adalah ayam taliwang dan plecing kangkung.

Tapi tak cuma itu, tetap tersedia sejumlah kuliner lainnya yang patut dicoba. Penasaran, apa saja makanan khas Lombok yang harus dicicipi? Simak pembahasannya dalam artikel ini.

Makanan Khas Lombok yang Wajib Dicoba

Sebagai informasi, makanan khas Lombok populer dapat bumbunya yang berani dan juga memanfaatkan bahan-bahan lokal yang segar. Oleh gara-gara itu, cita rasa kuliner khas Lombok benar-benar sedap dan mampu menggoyang lidah.

Penasaran, apa saja makanan khas dari Pulau Seribu Masjid tersebut? Dilansir laman Wonderful Indonesia dan Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat, selanjutnya makanan khas Lombok yang harus dicoba.

1. Ayam Taliwang

Daftar yang pertama adalah ayam taliwang. Memang, ayam taliwang waktu ini udah banyak dijual di sejumlah kota, tetapi tak tersedia salahnya untuk mencoba ayam taliwang secara segera di Lombok.

Ayam taliwang punya cita rasa yang benar-benar gurih dan pedas. Dengan begitu, ayam taliwang paling sedap dimakan bersama dengan nasi putih panas. Dijamin bikin anda ketagihan!

2. Plecing Kangkung

Makan ayam taliwang sebenarnya paling cocok ditemani bersama dengan plecing kangkung. Yang unik, plecing kangkung punya cita rasa yang pedas dan menggugah selera.

Plecing kangkung adalah olahan dari sayur kangkung, lantas ditambahkan tomat segar dan terasi. Perlu diketahui bahwa terasi yang digunakan pun juga khusus, yakni terasi Lengkare yang punya rasa gurih dan manis.

3. Nasi Balap Puyung

Nasi balap puyung atau disebut juga nasi puyung merupakan tidak benar satu makanan khas Lombok Tengah. Nasi balap puyung merupakan nasi putih bersama dengan isian lauk ayam suwir, oseng kacang panjang, kacang kedelai atau kacang tanah goreng, dan keripik kentang.

Pada umumnya, nasi balap puyung dikonsumsi waktu pagi hari. Di Jawa, nasi balap puyung serupa bersama dengan nasi kucing atau nasi rames.

4. Sate Bulayak

Kalau jalan-jalan ke Lombok, kalian juga harus mencoba sate bulayak. Bahan dasarnya adalah ayam, tetapi yang jadi ciri khasnya terkandung pada bulayak, yakni lontong yang dililit bersama dengan daun aren atau enau. Lalu, bulayak punya ukuran yang lebih kecil daripada lontong.

Selain itu, bumbu kacang pada sate bulayak juga tidak sama bersama dengan bumbu kacang lainnya gara-gara memanfaatkan kacang tanah sangrai yang dimasak bersama dengan santan. Dengan begitu, rasa bumbu kacangnya lebih gurih dan menyerupai bumbu kari.

5. Sate Pusut

Sate pusut merupakan tidak benar satu sate khas Lombok yang tak kalah unik gara-gara tusuk satenya terbuat dari potongan batang bambu. Yang bikin spesial, sate pusut cuma disajikan waktu acara hajatan atau acara-acara besar lainnya di Lombok.

Bahan dasar sate pusut adalah daging sapi. Penggunaan bumbu yang khas sebabkan cita rasa satu pusut benar-benar lezat dan menggugah selera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *