Daftar Makanan Khas Batam yang Lezat Bikin Nagih!

kuliner khas batam

Batam merupakan area terbesar di Kepulauan Riau yang jadi kota industri yang sering dikunjungi para pelaku bisnis. Disamping itu, banyak pula wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung berlibur untuk nikmati kotanya. Tak terkecuali coba makanan khas Batam yang sayang dilewatkan.

Biasanya mereka yang berkunjung ke Batam terhitung dapat menggunakan kala menginap di resort dekat pantai, belanja bebas bea cukai, dan berwisata kuliner. Buat sbobet wap anda yang tertarik mencicipi kuliner khas Batam, yuk review selengkapnya di sini!

Rekomendasi Makanan Khas Batam Paling Enak Yuk, cicipi cita rasa unik dan lezat kuliner khas Batam terkecuali anda berkunjung ke kota selanjutnya selanjutnya ini!

1. Nasi Dagong

Alamat : Kawasan Batam Center, atau 100 meter berasal dari Masjid Raya Batam Center.
Jam Buka : 10.00 – 21.00 WIB

Nasi Dagong sebetulnya merupakan akronim berasal dari Nasi Daging Gonggong, yaitu hidangan bersifat olahan nasi goreng. Bagian pribadi yang memicu nasi goreng ini berlainan adalah lauk yang dicampurkan yaitu sejenis siput yang disebut Gonggong.

Ditambah pula bersama dengan bumbu rempah dan dibungkus bersama dengan daun pisang sehingga membuatnya begitu nikmat. Di area lain anda terhitung sanggup coba olahan lain berasal dari gonggong seperti dikukus atau direbus. Aneka olahan ini memicu makanan khas Batam gonggong begitu melekat apalagi jadi keliru satu identitas area Batam.

2. Nasi Lemak Mak Ngah Tanjung Riau

Alamat : Tj. Riau, Kecamatan Sekupang, Kota Batam
Jam Buka : 07.00 – 22.00 WIB

Makanan khas Batam sesudah itu tersedia nasi lemak. Nasi lemak merupakan olahan yang sanggup anda temui di Batam karena banyak masyarakat Melayu yang tinggal di sini. Nasi dimasak memanfaatkan memanfaatkan santan kelapa sehingga rasa yang dihasilkan gurih dan sedikit berminyak sehingga disebut nasi lemak.

Karena popularitasnya ini, anda sebetulnya sanggup bersama dengan enteng menjumpai di pasar-pasar yang di sajikan bersama dengan lauk seperti ikan bilis. Tak hanya di area bersama dengan masyarakat Melayu, anda terhitung sanggup nikmati sajian mirip di Jawa bersama dengan sebutan nasi uduk.

3. Mie Lendir Kasan Ciblek

Alamat : Batu Selicin, Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam
Jam Buka : 08.00 – 21.00 WIB

Saat pertama mendengar menu mie lendir pertama kali, anda bisa saja tidak terlampau tertarik untuk mencobanya. Namun, mie lendir kasan ciblek khas Batam ini wajib anda coba, karena cita rasanya yang menggugah selera.

Kuah di dalam makanan ini memanfaatkan tepung kanji sehingga punyai tekstur yang seperti lendir. Rasanya cenderung sedikit manis bersama dengan pelengkap mie, yaitu tauge, telur rebus, cabai hijau, seledri, dan daun bawang.

4. Mie Sagu Batam Morning Bakery

Alamat : Kepri Mall, Jl. Sudirman, Batam Kota
Jam Buka : 07.00 – 19.30 WIB

Seperti namanya, mie terhadap hidangan ini dibikin bersama dengan bahan dasar sagu yang memicu tekstur mie jadi review atau kenyal. Aroma sagu yang pekat bercampur bersama dengan bumbu dan juga rempah-rempah yang istimewa membuatnya begitu digemari banyak orang.

Berbeda bersama dengan mie lain yang hanya punyai rasa gurih, cita rasa mie sagu cenderung sedikit pedas. Olahan ni biasanya di sajikan bersama dengan topping taburan tauge, telur, bakso, ikan, udang, atau tambahan lain cocok selera.

5. Mie Tarempa Sei Panas

Alamat : Kom. Graha Mas Blok J No. 10-11 Sei Panas, Sungai Panas, Batam
Jam Buka : 07.00 – 18.00 WIB

Olahan mie lain yang sanggup anda temukan di Batam adalah Mie Tarempa yang terbuat berasal dari mie gepeng agak lebar. Sekilas mirip bersama dengan Mie Aceh, Mie Tarempa punyai sedikit kuah (disebut nyemek) berwarna kemerahan.

Mie Tarempa dimasak memanfaatkan rempah-rempah yang kaya rasa sehingga begitu nikmat dan sanggup di terima banyak orang. anda sanggup menikmatinya bersama dengan tambahan topping bersifat suwiran ikan tongkol atau olahan seafood lain cocok selera.

6. Bak Kut Teh Simpang Empat

Alamat : Kompleks Ruko Penuin Centre, Blok OD, Jl. Bunga Raya, Lubuk Baja
Jam Buka : 09.00 – 20.15 WIB

Bak Kut Teh disebut pula bersama dengan Rou Gu Cha sebetulnya merupakan makanan hasil akulturasi budaya antara Tionghoa dan Malaka. anda sanggup menjumpai makanan ini di Batam karena dulu merupakan hidangan yang sering dikonsumsi oleh para pekerja pelabuhan.

Baca Juga : Makanan Khas Malang Paling Enak Wajib Coba

Hidangan ini terbuat berasal dari daging sapi bertulang yang dimasak lengkap bersama dengan bumbu khas dan rempah-rempahnya yang kental. Bak Kut Teh sanggup dinikmati bersama dengan banyak versi andaikata jadi sup atau digoreng, tersedia terhitung yang disempurnakan ikan goreng.

7. Luti Gendang Mak Rizki

Alamat : Jl. Tiban 1 (Simpang Princess Depan BNI), Sekupang, Batam
Jam Buka : 15.00 – 21.00 WIB

Tidak hanyakan hidangan utama, anda terhitung sanggup nikmati makanan khas Batam model kue yang sekilas mirip kroket. Isinya bersifat ikan yang dimasak memanfaatkan campuran khas tertentu, tersedia terhitung yang memuat abon ikan atau coklat.

Kamu sanggup menentukan rasa cocok selera bersama dengan harga yang terlampau tidak mahal karena biasanya dijual bersama dengan harga R2.000 an. Cemilan ini terhitung sebetulnya terlampau kondang dan sanggup bersama dengan enteng anda temui apalagi di penjual tepi jalan.

8. Rocklate

Alamat : Jl. Raja Ali Kelana Komp. Hawaii Garden, Jl. Blk. E No.10, Belian, Batam
Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB

Makanan khas Batam sesudah itu adalah rocklate. Makanan ini merupakan cemilan bersifat coklat yang unik karena dikombinasikan bersama dengan marshmallow lembut dan kenyal. Sebenarnya product ini punyai banyak varian seperti bersama dengan tambahan potongan kacang panggang atau biskuit sehingga teksturnya makin beragam.

Kemasan product ini terhitung unik seperti “mini icon” yang dikemas bersama dengan ukuran kecil dan coklat bar “up to you”. Makanan kering khas Batam ini terhitung sanggup anda beli sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

9. Bingka Bakar Nayadam

Alamat : Ruko Puri Legenda Blok D1 No. 3, Batam Centre, Batam
Jam Buka : 08.00 – 18.00 WIB

Bingka bakar nayadam merupakan keliru satu jajanan legendaris khas Batam. Jajanan legendaris ini terhitung sanggup jadi oleh-oleh terkecuali anda berkunjung ke Batam. Makanan ini terbuat berasal dari tepung terigu, gula, telur, dan santan.

Rasa manis bersama dengan aroma khas yang timbul berasal dari cara pengolahannya memicu kue ini begitu menggugah selera. Ada banyak varian yang sanggup anda coba seperti coklat, wijen, keju, buah naga, dan lainnya.

10. Es Pisang Ijo La Tansa

Alamat : JL. Tembesi, Buana Bukit Permata Mutiara No. 26, Tembesi, Sagulung
Jam Buka : 09.30 – 16.00 WIB

Sebagai penutup perjalanan kuliner, anda wajib coba es pisang ijo yang berikan kesegaran dan siap mencuci mulut dan juga tenggorokan kamu. Minuman ini di sajikan bersama dengan bahan dasar pisang berbalut adonan terigu hijau dan dibanjiri kuah segar dan manis.

Demikian ulasan tentang aneka makanan khas Batam yang sanggup anda coba kala mendatangi area ini. Menu-menu makanan khasnya unik dan menarik untuk dicoba, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *